Posted by : Ahmad Barkah Sabtu, 16 Maret 2013



Selamat Sore semua sobat BB, Gak kerasa udah hari minggu lagi, dan yang bikin admin seneng juga selama seminggu ini admin bisa libur sekolah karena kelas 3 mau ujian sekolah :D
Oke tanpa basa-basi lagi admin mau kasih artikel tentang
"Pengertian Crack, Keygen, Serial Number, Patch dan Software Portable. kalau buat para gamers pasti udah gak asing lagi, tapi untuk yang belum tahu mari kita simak artikel dibawah ini :
Dalam sebuah komputer pasti terdapat software atau perangkat lunak seperti, image editor atau software pengubah gambar, antivirus, dan banyak software-software lainnya. Tiap membeli komputer, penjual biasanya sudah menanamkan software tertentu ke dalam komputer tersebut termasuk sistem operasinya.  Namun juga, kita terkadang ingin menambah atau menginstall sendiri software yang sudah didownload ke komputer kita.
Para penggila software mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah Crack, Keygen, Serial Number dan Patch. Namun buat seseorang yang masih baru dalam dunia komputer, terkadang membingungkan apa yang dimaksud dengan istilah-istilah di atas dan bagaimana cara penggunannya. 

Dalam artikel ini akan saya bahas mengenai istilah-istilah tersebut, tentunya berdasar 

 pengalaman dan penelusuran saya di dunia maya, hehe...

CRACK

Crack adalah suatu aktifitas pembobolan suatu software berbayar agar dalam proses pendaftarannya dapat kita lakukan tanpa harus membeli mau pun membayar lisensi resmi dari si pembuat software tersebut. Hal ini mempunyai maksud bahwa kita bisa memperoleh beberapa persyaratan agar software yang berbayar tersebut agar dapat bekerja secara penuh. Biasanya juga harus mendaftarkan atau paling nggak memasukan nomor registrasi unik di software tersebut. Jadi jelas, crack adalah sesuatu yang ilegal. Jadi sebisa mungkin kalau nggak terdesak jangan sampai mencari crack di internet. Cracker atau alat untuk crack software bagi sebagian besar antivirus biasanya dianggap virus ataupun trojan. Jika Anda menggunakan crack hal yang pertama harus dilakukan adalah men disable antivirus yang bekerja di komputer. Saat menginstal juga perlu memutuskan koneksi internet.




setelah selesai di install, tutup program
masuk ke direktori folder tempat software di install, defaultnya ada disini

C:\Program Files\VirtualDJ

copypaste / timpa file aslinya (move and replace) yang ada di direktori folder tersebut dengan file yang ada di dalam folder CRACK

di atas adalah contoh perintah crack, jadi crack adalah memindahkan dan menggantikan file tertentu di dalam folder instalasi software yang bersangkutan, biasanya di system atau drive C. crack biasanya sudah tersedia software yang kita download. Menurut saya crack cukup mudah dilakukan dibanding Keygen, seperti yang akan dijelaskan berikut.


Keygen

tampilan Keygen corel draw x5
Yang dimaksud atau pengertian adalah suatu program kecil yang mampu memberikan hasil alogaritma tertentu sesuai dengan versi dan jenis software. Keygen ini mempunyai hitungan tersendiri dan terkadang kita harus memberikan nomor versi software untuk menggunakannya. Hal ini biasa disebut generate dan kode yang kita generate akan menjadi angka unik sesuai dengan angka pertama yang kita generate. Namun seperti halnya program komputer pada umumnya. Keygen ini pun dikategorikan virus / trojan oleh antivirus, namun sejatinya tidak mengganggu kinerja komputer, namun bisa juga disisipi program-program jahat oleh si pembuat Keygen.











Contoh perintah Keygen :


  • Install Corel Video Studio X4 sampai selesai
  • Jalankan Video Studio X4 - Maka akan muncul seperti pada Gambar 1
  • Klik CONTINUE
  • Jika anda tidak connect Internet - Anda Pilih REGISTER LATER - Continue - Lanjut ke STEP 5
  •  Namun jika anda Connect Internet, saya sarankan anda untuk Registrasi.
  • Registrasi ini Gratis. yaitu dengan cara memasukkan datanya. (Data tidak harus valid ko)
  • Setelah mengisi datanya, maka klik SUBMIT setelah itu pilih CONTINUE
  • Setelah Program VideoStudio X4 terbuka, sekarang EXIT kembali.
  • Maka nanti akan ada pemberitahuan TRIAL.
  • Pilih "Already Purchased" (Pojok Kiri Bawah)
  • Jalankan Keygen - Pilih Program "Corel VideoStudio X4"
  • (Jangan Tutup KEYGEN dan VIDEOSTUDIO X4 sebelum semuanya selesai)
  • 8. Copy Serial dari Keygen ke Kolom Serial Number pada Corel (Kolom paling atas)
  • Klik "Phone Corel"
  • Copy Instalation Code dari Corel ke Keygen (Tanpa Tanda "-")
  • Lalu klik ACTIVATION pada Keygen - Maka akan terbentuk Activation Code pada Keygen
  • Copy Activation Code dari Keygen ke Corel - Lalu Klik CONTINUE
  • SELESAI

Serial Number

Serial Number adalah suatu kode unik yang biasanya diberikan sewaktu kita mendaftar untuk software yang kita gunakan. Kalau dalam crack sendiri, kebanyakan Serial Number di taruh di dalam notepad, wordpad atau di file penyimpanan data lainnya. Menurut Saya jenis serial number ini adalah yang paling aman. Karena hanya berisi nomor serial saja. Kode serial number ada juga yang menyertakan nama user si pemakai dan sekaligus nomor serialnya. Nah kalo yang ini tidak akan bermasalah alias ilegal dan tidak mengganggu komputer sedikitpun. Sayang, serial number dalam software yang ada kita download/beli, biasanya adalah software-software yang kurang diminati banyak orang dan kurang lengkap dalam fitur fitur aplikasinya.


Patch

Untuk jeniis ini kita akan dihadapkan pada suatu program berukuran kecil (Biasanya). Di mana program kecil tersebut mempunyai fungsi sama dengan yang lain yaitu mampu membuat software yang tadinya trial bisa digunakan secara full. Jika biasanya fungsi patch adalah untuk memperbaiki software atau program akan adanya bug mau pun celah keamanan yang dapat di tembus. Untuk patch yang ini berbeda. Patch yang disertakan dalam crack biasanya mengambil alih fungsi trial dengan langsung menuju ke inti software secara full. Secara kasarnya patch ini bisa membawa kita langsung ke versi software yang sudah bisa digunakan secara penuh seperti sudah diregistrasi. Namun hati – hati juga dengan software ini. Karena bisa jadi patch ini juga bisa membawa virus berupa Trojan mau pun virus lainnya.



 


Contoh perintah Patch software:
  • Matikan Antivirus - Matikan juga Koneksi Internetnya
  • Jalankan AShampKeygen
  • Pilih Productnya yang ingin di patch - klik GENERATE
  • Pilih FOLDER yang diinginkan patch (yaitu ash_inet.dll) di Program Files anda / direktori folder tempat software di instal.
  • Lalu Copy Serial yang di hasilkan keygen tersebut - Isikan pada Ashampoo Productnya.

tampilan patch software mirc





Software portable

software portable adalah sebuah software seperti "aslinya", namun sudah dimodifikasi agar tidak perlu ditanamkan ke dalam folder instalasi (C). software ini biasanya bisa disimpan ke dalam flashdisk dan bisa langsung digunakan berpindah-pindah komputer. atau juga ke dalam komputer, namun tidak memakan begitu banyak memori.

Bagaimana...? Sudah paham....? pilih yang mana...? semua terserah Anda. Jika Anda mendownload software tertentu dan mau menginstal di komputer, biasanya juga sudah terdapat panduan instalasi patch dan teman2nya tersebut. Jika Anda terbiasa maka semuanya akan terasa mudah dan tidak membingungkan lagi
.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © BARKAH BLOG -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -